Program kegiatan dan pelajaran ekstrakurikuler merupakan bagian penting sekali bagi setiap pranata pendidikan, termasuk Pondok Modern Darur Ridwan. Di Pondok Modern Darur Ridwan program ekstrakurikuler dipentingkan karena tujuan Pondok Modern Darur Ridwan adalah untuk membentuk perempuan muslimah yang siap dan mampu menghadapi tantangan di dunia ini. Lewat program ekstrakurikuler tersebut, santri dapat kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan ketrampilannya sesuai dengan keperluaanya untuk tinggal di masyarakat umum.

Selain dari perannya sebagai bagian pelajaran yang memperluas pengetahuan dan ketrampilan para santri, program ekstrakurikuler juga merupakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan santai. Kegiatan semacam ini penting sekali dalam perkembangan mental dan fisik seorang pemuda. Memang sudah banyak penelitian mengenai cara pemuda-pemudi belajar dengan baik dan ternyata tidak cukup bagi para pemuda kalau hanya diberi pelajaran di dalam ruang kelas dengan buku-buku. Yang juga diperlukan adalah pelarajan yang bisa didapat dari pengalamannya sendiri dan dari kegiatan yang menuntut keterlibatan aktif.

Ada macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti para santri di Pondok Modern Darur Ridwan. Salah satu yang paling populer adalah pramuka di mana santri mendapat kesempatan untuk mengikuti kemah yang diadakan di tempat di luar pondok pesantren (misalnya di pantai). Para santri mengikuti kegiatan berkemah tersebut selama beberapa hari, setahun sekali dan aktivitas-aktivitasnya disiapkan oleh para Ustad dan Ustadah. Adanya juga kegiatan pramuka yang bernama ‘wade games’.

Kegiatan ‘wade games’ tersebut termasuk macam-macam lomba olahraga dan ketrampilan yang dimainkan selama sehari penuh. Kegiatan ‘wade games’ dilakukan selama satu hari penuh dan hari itu selalu ditunggu-tunggu para santri. Program pramuka ini adalah bagian program ekstrakurikuler yang memberikan para santri kesempatan (walaupun agak singkat) untuk melupakan buku-bukunya dan pelajaran akademiknya selama sementara dan belajar dari dan tentang alam.

Selain pramuka, kegiatan ekstrakurikuler termasuk pelajaran ketrampilan di mana para santri diajar berbagai macam ketrampilan praktis misalnya; memasak, menjahit, merias, menyulam dan membuat hiasan hiasan seperti bunga. Dari pelajaran ekstrakurikuler tersebut, para santri mendapat ketrampilan yang bermanfaat bagi mereka untuk kehidupannya dalam masyarakat umum. Ada juga pelajaran ekstra kurikuler khutbatul mimbariah (berpidato) di mana santri dapat membangun perasaan percaya dirinya karena harus berani berdiri di depan banyak orang yang kadang-kadang merupakan pengalaman yang menakutkan.

Pada setiap akhir tahun ajaran Pondok Modern Darur Ridwan mengadakan konser bagi para santri. Di konser ini para santri mempunyai kesempatan untuk mempertunjukkan ketrampilan macam-macam yang mereka dapat dari kegiatan ekstra kurikulernya. Selama konser tersebut, kegiatan ekstra kurikuler yang dipertunjukkan termasuk kesenian, drama, karaoke dan samroh.

Scroll to top