buy essay for five dollars dissertation bel ami maupassant Icollege essay on how is the degree necassery for the fullfillment of your goals individual assignment critical thinking application paper dissertation aaas shirt

Pondok Modern Darur Ridwan adalah Lembaga Pendidikan Menengah yang sementara ini hanya diperuntukkan bagi santri putri saja karena masih terbatasnya lokasi yang ada. Didirikan pada tahun 1989 oleh Alm. KH. Aslam Suryono Hadi di atas areal tanah kurang lebih 1 hektar di daerah pedesaan dengan hawa yang masih sejuk, tepatnya di desa Parangharjo Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur.

Pada awal didirikannya Pondok Modern Darur Ridwan ini hanya mempunyai 1 unit pendidikan yaitu KMI ( Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah ) yang diadopsi dari sistem kurikulum Pondok Modern Gontor Ponorogo, yang merupakan almamater dari sang pendiri.

Dalam perjalanannya, seiring dengan perubahan zaman dan tuntutan dunia pendidikan, maka didirikanlah 2 unit pendidikan lain yaitu MTs ( Madrasah Tsanawiyah ) dan MA ( Madrasah Aliyah ) yang tetap bersinergi dengan KMI .

Sehingga, Pondok Modern Darur Ridwan mempunyai double program :

  1. KMI ( PROGRAM WAJIB ) yang merupakan sistem pendidikan yang diadopsi dari Kurikulum Pondok Modern Gontor;
  2. MA dan MTs ( PROGRAM PILIHAN ) disesuaikan dengan jenjang pendidikan santri

Pendidikan di Pondok Modern Darur Ridwan dilengkapi dengan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) yang digerakkan oleh Organisasi Santri di bawah bimbingan para guru selama 24 jam penuh sebagai proses pendidikan yang paling efisien dalam pembinaan karakter santri.

Bahasa merupakan salah satu program unggulan di Pondok Modern Darur Ridwan. Untuk mengoptimalkan program tersebut maka bahasa pergaulan santri sehari-hari adalah bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Dengan sarana pendidikan yang memenuhi standar pendidikan islam dan terus selalu siap menghadapi globalisasi dengan dibuktikannya sarana dan prasana yakni adanya Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa dengan tetap berpegang pada “Ruh al dakwah” (semangat berdakwah) untuk mencetak kader-kader putri yang siap menghadapi perubahan zaman.

Nama pondok pesantren ini dipilih dan diberikan K.H. Aslam Suryono Hadi sendiri. Kata darur ridwan berasal dari bahasa Arab. Arti Darur adalah kampung dan arti Ar-Ridwan adalah rela. Jadi yang dimaksud dengan Darur Ridwan adalah kampung orang-orang yang rela karena allah semata. Atau dimaksud dengan Ar-Ridwan adalah nama malaikat penjaga surga, jadi Darur Ridwan artinya ‘kampung surga’.

Scroll to top