Pondok Modern Darur Ridwan sebagai lembaga pendidikan, pondok pesantren mempunyai peran penting sekali dalam Islam karena ajaran Islam sangat mendorong dan menghargai orang yang mencari ilmu. Ini jelas disebut dalam Al Qurán, surat Al-Mujadalah, ayat 11:

Allah meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan, beberapa derajat

Dengan kalam Allah ini di belakang benaknya, Alm. KH. Aslam Suryono Hadi untuk mendirikan Pondok Pesantren Modern Putri Darur Ridwan dengan tujuan:

Mendidik dan mengajar putri-putri Islam agar menjadi manusia yang:

  1. Berbudi tinggi,
  2. Menguasai bahasa Qur’an (bahasa Arab) dan bahasa umum (bahasa Inggris),
  3. Takwallah – takut kepada Allah,
  4. Menegakkan agama Allah dan memberikan berita kepada orang tabligh, mengajar atau paling tidak menjadi contoh.

Pada masa lalu, tidak ada pondok pesantren yang khusus putri. Memang, tidak ada kesempatan untuk belajar di pesantren sama sekali bagi kaum wanita. Baru pada tahun 1919, Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar di Jombang menjadi pesantren pertama di Indonesia yang mendirikan kelas khusus santri putri. (Hamim, 1998:8)

Sekarang, kesempatan untuk wanita yang mau bersekolah mulai tingkat dasar sampai pendidikan tinggi sudah luas. Walaupun di wilayah Banyuwangi, sebelum Darur Ridwan, tidak ada pesantren khusus putri, hanya ada yang khusus putra atau campur. Maka Darur Ridwan merupakan satu-satunya pondok pesantren modern yang khusus putri di Banyuwangi.

Itulah salah satu alasan Alm. KH. Aslam Suryono Hadi mendirikan pondok pesantren yang di khususkan untuk putri, alasan lain adalah karena:

  1. Perempuan 99.5% adalah calon-calon Ibu, maka seorang Ibu harus akhlaknya mulia; dan
  2. Nabi Muhammad mewasiatkan pada waktu akan meinggal, peliharalah wanita karena wanita itu adalah tiang negara;

Ini menunjukkan bahwa Alm. KH. Aslam Suryono Hadi ialah seorang yang mendengarkan tuntutan dan kebutuhan masyarakat dan yang juga menghayati kepentingan pendidikan wanita pada masa kini di Indonesia, khususnya di Banyuwangi.

Scroll to top